myusril

Akhirnya kita sampai pada bab terakhir atau bab sembilan yaitu“Pengujian keamanan jaringan, host dan server”. Didalam bab ini akan dibahas tiga materi yaitu Prosedur dan cara pengujian keamanan jaringan, Prosedur dan cara pengujian keamanan host, dan Prosedur dan cara pengujian keamanan server. Berikut adalah materinya
1 .     Prosedur dan Cara Pengujian Keamanan Jaringan
   Ketika kita terhubung dengan jaringan pastinya kita akan berpikir bagaimana cara kita memastikan    jaringan sudah terhubungan dengan jaringan yang lain. Ada 2 cara untuk mengujinya yaitu dengan      cara hadware dan software.

Secara Hardware :


a .     Perhatikan lampu indikator NIC nya. kalau warna hijau maka jaringan sudah oke.
b .     Perhatikan lampu indikator di hub atau switch apabila menyala maka jaringan sudah jalan.
c .     Teslah kabel jaringan dengan tester, apabila warna-warnanya aktif dan berturut-turut maka kabel          jaringan dalam keadaan baik.
Secara software :

a .   Find computer pada neighbourhood indikasi bola telah terhubung adalah akan ditemukan komputer  name yang sesuai dengan pencarian jika computare namenya benar.
b .   Double klik pada ikon neighbour akan muncul komputer name,selain computer name milik kita  sendiri
c .   Windows explorer pada drive network neighbour hood akan muncul computer name selain milik kita  sendiri.
d .   Ping IP addres komputer lain, maka akan mendapat balasan pengiriman data dari komputer yang kita  hubungi sedang aktif dan dalam sistem jaringan yang sama dengan kita contoh.

2 .   Prosedur dan Cara Pengujian dan Keamanan Host
 Proses pengujian yang dilakukan adalah sebagai berikut :

       Memastikan koneksi Host atau Client dengan DHCP,DNS File Sharing dan Printer Sharing dapat  bekerja dengan baik.


Memastikan host tersebut memiliki antivirus yang baik untuk membentengi host tersebut dari serangan dari luar.
Memastikan firewall yang bekerja pada host tersebut berfungsi sebagaimana mestinya.

3 .     Prosedur dan Cara Pengujian Keamanan Server
Walaupun secara fisik hardware telah dipasang (komputer dan NIC, pengkabelan, konektor, dan HUB, dll), tapi jaringan komputer belum dapat difungsikan. Karena setiap device yang dipasang butuh driver yang harus diinstal dan perlu dikonfigurasikan terlebih dahulu. Selanjutnya akan dilakukan pengujian apakah komputer telah terhubung dengan benar, dan bisa berhubungan dengan Server jaringan lokal (LAN).
Langkah-langkahnya adalah :
   1)    Konfigurasi network internet card
   2)    Pemasangan kabel
   3)    Pengaktifan switch 
   4)    Memberikan IP Address
   5)    Mengidentifikasi komputer didalam jaringan
   6)    Menguji konektifitas jaringan komputer
   7)    Mengaktifkan firewall dan memberikan keamanan

Dengan ini semua bab pada materi keamanan jaringan telah selesaiJ . semoga apa yang Nabil bagikan dapat bermanfaat untuk kalian semua. Thank you.

Pengertian Server dan Cara Kerja Server

Pengertian Server dan Cara Kerja ServerServer adalah komputer sentral yang menangani  kumpulan data (database) dan memberikan layanan terhadap komputer klient.Komputer klient bisa terhubung menggunakan kabel atau tanpa kabel (nirkabel),jika tanpa kabel contohnya menggunakan koneksi wifi.Cara kerja Server yaitu sebagai media penyimpanan data dari komputer klient.Selain itu server juga melayani pencetakan dokumen.Server dapat kita bayangkan sebagia pusat data dan memberikan layanan berupa koneksi ataupun layanan yan lain ke komputer klient


Pengertian dan Fungsi Host to Host dalam jaringan komputer


Host to Host adalah sebuah bentuk komunikasi atau hubungan di dalam sebuah jaringan komputer yang terjadi antar host, yaitu komputer dengan perangkat lain yang terhubung satu sama lain. Pengenalan antar host  melalui alamat jaringan komputer berdasarkan Internet Protocol atau yang lebih sering kita kenal dengan IP sehingga antar komputer yang saling terhubung dan saling berkomunikasi dapat saling mengenali satu sama lain melalui alamat jaringan.
Sebagai contoh sebuah komputer dengan alamat ip 192.100.100.1 mengirimkan paket data ke komputer dengan alamat 192.100.100.2. Kedua komputer tersebut dapat saling mengenali melalui alamat jaringan (IP Address) yang diperolehnya baik IP address yang didapat secara otomatis (DHCP) maupun IP Address yang disetting secara manual.
Host to Host sendiri berfungsi untuk menyediakan koneksi atau komunikasi bagi process to process. host to Host sendiri terjadi pada Network Layer saja.
Host to host saling penting dalam jaringan komputer karena komputer dapat saling terhubung dengan komputer lain, selain itu Host to host juga menyediakan layanan dan komunikasi dalam jaringan sehingga antar komputer dapat saling 

Pengertian Keamanan Jaringan

Keamanan jaringan adalah suatu cara atau suatu system yang digunakan untuk memberikan proteksi atau perlindungan pada suatu jaringan agar terhindar dari berbagai ancaman luar yang mampu merusak jaringan.


Bagikan ke

0 Komentar