Hay kawan hari ini kita bisa berjumpa lagi di blog saya Myus.blog . Saya mau berbagi sama kalian semua , khususnya anak-anak pelajar di bidang jaringan . Saya punya pengalaman saat masa masa PKL ( Praktik Kerja Lapangan ) . Pada saat itu saya belajar setting router , kemudian saya pinjam router kepada teknisinya . Tapi lama kelamaan saya malu pinjam terus menerus . Dan kemudian saya berfikir , " Bagaimana ya saya setting router tanpa ada routernya " . Kemudian saya coba coba Browsing dan ketemu lah caranya . Yaitu dengan memakai aplikasi virtual box . nah kali ini saya mau berbagi pengalaman saya , simak di bawah ini :

Setting router melalui VBox :
1. Download dulu file microtiknya klik di sini untuk nanti diinstall di VBox
2. Download juga VBoxnya Di sini , lalu install VBoxnya
3. Sesudah menginstall VBox, Langkah selanjutnya yaitu installasi ISO Microtiknya :

  • Buka VBoxnya
  • Di sisi kiri pojok atas ada simbol seperti matahari yaitu NEW , kemudian klik simbol itu

      
  • Langkah selanjutnya yaitu mengisi Nama, Tipe, Dan versi . di isi sama dengan gambar berikut . Kemudian klik lanjut/next
  • Lalu akan muncul tampilan seperti ini , tingggal klik lanjut/next aja .
                         
  • Lalu akan muncul tampilan seperti ini tinggal next/lanjut saja 

           

  • Lalu akan muncul tampilan seperti ini tinggal next/lanjut saja 
  • Lalu akan muncul tampilan seperti ini tinggal next/lanjut saja 
  • Lalu akan muncul tampilan seperti ini tinggal next/lanjut saja 

      
  • Lalu klik menu setting/pengaturan dan pilih tab sistem, di sini kita mengubah urutan disknya yaitu dengan memindahkan hardisk di tempat paling atas
  • Kemudian klik tab penyimpanan, di langkah inilah kita memasukan file ISO Microtiknya . Lihat gambar di bawah ini
  • Sesudah itu kita ke tab Jaringan/network , disini kita akan mensetting slot ether yang terdapat di routerboardnya . > klik adaptor 1 kemudian centang fungsi adaptor jaringan . Adaptor 1 terpasang pada adaptor ter-bridge > kemudian klik adaptor 2,3 dan ,4 kemudian centang fungsi adaptor jaringan . adaptor 2,3,4 terpasang pada jaringan internal 
  • Kemudian klik oke , Lalu jalankan dengan mengklik tanda panah hijau yang bertuliskan start
  • Di sini kita akan memulai setting router boardnya , lihat gambar di bawah ini :

  • Sesudah itu kita Minimaze saja , lalu buka WINBoxnya hasilnya seperti ini lalu klik connect :
  • Selesai , mudahkan

Bagikan ke

0 Komentar